my Best fRiends

my Best fRiends

Sabtu, 14 Januari 2012

Catatan Hidupku...

Ternyata benar, “penyesalan itu datangnya terakhir”.
Aku menyesal, andai roda waktu dapat ku putar ke belakang. Aku ingin merubah semuanya.
Kisahku yang menyakitkan sekaligus membuatku sadar berulang dari ketika aku berusia 14 tahun, saat akhir semester sekolah, saat aku di gonjang ganjing rasa takut UN (Ujian Nasional), saat itu pula aku bersama rekan-rekan setia dari aku buaian was-was tentang UN dan kita mati-matian belajar dari pagi sampai malam dan dari malam sampai pagi, sampai mata kita pada merah, sampai kita lupa gosok gigi pas mau tidur (v lw makan mah ga’ pernah lupa) sampai kita membuat konsep kehidupan masa depan, sampai kita buat prinsip “Prestasi yes, Pacaran no”. Bayangin ja factor pendorong kita rajin belajar Cuma satu “Tragedi UN” pertama dan yang pertama soal-soalnya susah banget, kedua pengawasnya dari luar sekolah dan pengawasannya super duper ketat, trus nilai pokok tergantung hasil UN, next hasil UN di periksa langsung ma pusat (Bandung), lalu susah banget wat bias nyontek or open book. Pusssssinng
Padahal sebelum kita masuk SLTP kita juga ngadepin UN tapi biasa ja coz gurunya gak promosi perihal itu jadi kita nyantai belajarnya. Dari semua usaha kita yang bermati-matian itu ternyata ada hasilnya, nilai terbaik yang kita raih. Alhamdulillah…
Next, kita mulai sibuk dengan kelanjutan hidup sympon otak kita. Kita udah rencana masuk sekolah favorite yang kita dambain. Jamilah temenku yang cantik, bertubuh kecil and yang sodaranya jadi asisten jaksa punya cita-cita masuk farmasi (ituloh tukang obat,hee) sedangkan temenku yang satunya lagi nurul yang bertubuh jangkis (jangkung ipis), berkulit hitam manis, yang punya ortu super nurutin dia punya keinginan masuk sekolah yang gak sama ma sekolah SLTP (elite sedikit, hahayy) and aku yang tinggi and punya saudara 13 asli, dan tidak punya sodara yang bergaji tebel pengen k SMK favorite d kota kuda ini sama kayak tetehku.
Akhirnya rencana dua orang temanku berhasil coz mereka bermodal gede v rencanaku gatot (gagal total) padahal aku sudah mempersiapkan semuanya dari mulai uang udah aku tabung patungan ma teteh, tinggi badan udah pas, pelajaran udah di hafalin jauh-jauh hari. Tapi masa depan gak da yang tahu, cuma Allah Ta’ala. Kenyataannya uang yang di kumpulin teteh aku bareng ma aku malah di ambil bokap dengan sekarung alasan, inilah itulah. Aku kesel. Tanpa uang aku hamper putus sekolah. Aku sedih. Di lain sisi para guru tercintaku  sudah memotivasi aku bahwa mereka bakal bantu aku masuk dengan jalur prestasi tapi Allah berkehendak lain “sekolah itu” ga nerima siswa yang ga bayar uang awal 2.500.000 di muka meski ttuh siswa punya prestasi turun temurun dengan tingkat kecerdasan yang superior. Akupun gak di terima.
So, aku harus pasrah meskipun my mother  akan ngusahain se-usaha-usahanya wat bias masukin aku walau dengan cara ngutang sekalipun. Tapi aku malah nolak, aku berfikir ngapain aku masuk ke “sekolah itu” karna belum tentu aku bias betah di sekolah yang Cuma mentingin anak borju dan keturunan ningrat berdompet tebal, setebal bata trus aku juga gak akan biarin my mother tercintaku ngutang wat biaya sekolahku, kasian kale… yang terakhir “ilmu” tuh banyak (istilah orang sunda “ngampar”), kita bias cari di mana pun yang kita mau tanpa ongkos gede.
Next, aku beralih ke Binsas, sekolah terdekat and termurah (di wilayah kekuasaanku, ciee). Awalnya gak seneng sih v aku mencoba wat nyeneng-nyenengin diri ja, meskipun gerutu numpuk di hatiku. Sekolahnya lumayan, meskipun sedikit jadul, tidak terlalu luas, catnya udah mulai luntur, tanamannya gak terlalu banyak di SLTPku, toiletnya gelap and bau, dan musolanya gak terurus tapi katanya tuh sekolah memiliki berpuluh bahkan berribu cerita dari mulai sekolah itu pernah jadi sekolah swasta pertama  terfavorite yang spp-nya 3 kali lipat lebih gede dari sekarang dan yang bias masuk cuma anak-anak orang tajir and banyak lainnya. Aku tau semua itu dari cerita bapaku coz bapaku dulunya mandor bangunan sekaligus arsitektur sekolah ini (pantas saja coraknya ketuaan) itu juga yang tau cuma kepsek pertama “Alm. Pak Encuk” yang rumahnya paling gede di lemburku (desa), super duper kaya deh tapi Beliau gak sombong, baik hati and pemurah coz low malem lebaran suka ngebagiin uang gede and makanan ke anak-anak lembur yang gak pernah dikasih uang sebanyak itu dari ortu mereka.
Dari awal mulanya aku kesel plus sebel and overdosis marah masuk ke sekolah ini, bawaanya males, gak tahan, pengen keluar, de el el. Tapi lama kelamaan hati aku mulai luluh, ibarat cinta udah kepincut, siapa yang gak kepincut low di sekolah ini aku ngerasa nngeliat tali ukhuwahnya erat banget, gak ada halangan wat berekspresi, next sikap teachersnya “subhanallah” baik hati, lucu, gokil, bersahabat, gak pilih kasih semua sama, gak sombong, perhatian and nyatu banget dengan sikap remaja murid-muridnya plus sikap para senior yang terlihat cuek, tegas and penuh kedisiplinan membuat aku and kawan-kawan jadi sosok yang tegar bahkan kita jarang nangis ketika ada masalah atau ada yang menyakiti, mereka memberikan cerocosan pedas, hukuman sehat, and omelan telak yang bakal bikin sakit hati buat orang yang ngedengernya  karna itulah jurus jitu mereka yang sayang pada kita. Trus kebetahanku di tambah lagi dengan 5 sobat terbaikku yang selalu bikin rame and the gokil yang selalu membuat hatiku yang gundah gulana and sesak penyesalan ini menjadi taburan bunga kebahagiaan. Lengkaplah kebahagiaanku di sekolah ini…

          Meskipun ada senengnya v ada sedihnya juga. Kayak gimana tuh???? Tunggu kelanjutannya di episode depan…
                                                    Bersambung dan bersumbang…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar